Manfaat Pepeda Untuk kesehatan

Manfaat Pepeda Untuk kesehatan
=====================================






Papeda merupakan makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan Papua yang biasanya dihidangakan bersama dengan ikan tongkol atau mubara yang diberi bumbu seperti kunyit. Makanan ini umumnya berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dan mempunyai rasa yang tawar. Perlu anda ketahui makanan ini memililki serat yang tinggi, kolesterol yang rendah dan berbagai kandungan nutrisi lainnya bisa di jadikan sebagai obat seperti Obat Titan Gel yang sangat baik untuk kesehatan.


Berbicara tentang papeda ini memiliki bahan dasar utama yaitu sagu yang merupakan makanan pokok di daerah papua dan Maluku khususnya di Kabupaten Mappi, Asmat, dan Mimika. Makanan ini merupakan sallah satu sajian khas sagu yang jarang ditemukan, tapi dikenal luas dalam tradisi masyarakat adat Abrab dan Sentani di Danau Sentani dan Arso, serta Manokwari. Selain dikonsumsi bersama ikan tongkol, makanan ini juga dapat dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara dan juga ikan kue. Bukan hanya itu saja, di dalamnya terdapat berbagai kandungan yang dapat berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, antara lain kalori, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi. Selain itu juga terdapat bermacam-macam vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Tentu semua kandungan nutrisi tersebut merupakan unsur yang dibutuhkan untuk tetap mengoptimalkan organ-organ dalam tubuh. Untuk anda yang ingin mengetahui apa saja manfaat dan khasiat makanan ini, berikut inilah manfaatnya.

Papeda, Khasiat Papeda, Manfaat Papeda
1. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

Khasiat papeda yang pertama yaitu dapat membantu menjaga kekuatan tulang dan gigi. Itu disebabkan karena setiap 100 gram sagu mengandung 13 mg mineral fosfor. Dimana fosfor sendiri merupakan salah satu unsur penting yang berperan untuk menyusun struktur tulang dan gigi agar tetap kuat dan sehat. Dengan mengkonsumsi makanan ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif untuk menambah asupan fosfor ke dalam tubuh agar kesehatan tulang dan gigi tetap terjaga.
2. Melancarkan urinasi

Selain berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, kandungan mineral fosfor pada sagu yang merupakan bahan dasar papeda ini juga dapat membantu melancarkan urinasi atau buang air kecil manusia. Jika urinasi lancar maka akan membantu tubuh mengurangi kelebihan garam, air, asam urat maupun zat-zat lain yang dapat membahayakan ginjal.
3. Mencegah kanker usus

Dengan mengkonsumsi sagu secara teratur dapat menjadikan tubuh terhindar dari resiko terkena penyakit kanker usus. Hal ini disebabkan karena sari pati di dalam sagu tidak dicerna oleh usus halus manusia, tetapi langsung difermentasi oleh bakteri kolon (ujung dari saluran pencernaan manusia yang terdiri dari usus besar, anus dan rektum).
4. Menyehatkan jantung

Tidak hanya dapat berfungsi untuk mencegah kanker usus, sagu yang merupakan bahan utama papeda ini juga dapat berperan untuk menjaga kesehatan jantung. Karena kandungan di dalamnya mampu meminimalisir terjadinya penggumpalan darah atau deep vein thrombosis. Penggumpalan darah tersebut nantinya akan berakibat buruk pada aliran darah menuju jantung, sehingga dapat menyebabkan seseorang mengalami serangan jantung maupun stroke berat.
5. Memiliki karbohidrat lebih baik daripada nasi

Umumnya masyarakat di jawa, Sumatra, bali, Kalimantan, sulawesi dan sekitarnya memang menggunakan nasi sebagai makanan pokok yang utama. Tapi perlu anda ketahui, kandungan karbohidrat pada sagu ternyata lebih baik daripada karbohidrat pada nasi. Karena sagu pada papeda ini memiliki karbohidrat kompleks yang lebih lama terurai oleh sistem pencernaan, sehingga hal ini akan menjadikan rasa kenyang lebih lama.
6. Sebagai sumber energi

Memang banyak kandungan bahan dasar papeda ini, yang terutama yaitu sebagai sumber energi. Di daerah Papua, sagun ini dimanfaatkan sebagai makanan pokok yang utama daripada nasi. Sagu sendiri memang memiliki karbohidrat yang lebih baik daripada nasi dan lebih susah terurai di dalam tubuh. Sehingga hal ini menjadikan sagu merupakan sumber energi yang baik sebagai pengganti energi yang dihasilkan nasi.
7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Tingginya kadar serat yang dimiliki papeda ini dapat berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan serat tersebut mampu mencegah masuknya berbagai bakteri dan virus yang dapat menyebabkan tubuh terserang penyakit.
8. Mengurangi resiko obesitas

Kandungan serat pada papeda ini juga dapat mengurang resiko kegemukan atau obesitas. Itu dikarenakan serat tidak akan menambah berat bedan anda secara signifikan meskipun mengkonsumsi nya dalam porsi besar. Maka dari itu anda tidak perlu takut kegemukan jika mengkonsumsi papeda ini dalam porsi yang banyak.
9. Dapat membantu membersihkan paru-paru

Bagi anda yang sering merokok, hal itu akan menyebabkan adanya flek pada paru-paru yang dapat mengakibatkan sesak nafas. Anda dapat memanfaatkan papeda ini sebagai alternatif karena dengan mengkonsumsinya, dipercaya dapat perlahan membersihkan paru-paru dari flek yang ditimbulkan rokok.
10. Mencegah diabetes

Perlu anda ketahui, papeda ini ternyata juga dapat mencegah diabetes. Hal ini disebabkan karena bahan dasarnya berupa sagu memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga menjadikannya aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Komentar